Sabtu, 05 Mei 2018

Pesan-Pesan atau Wasiat Tuan Guru KH. Ahmad Bakri

1. Pelihara atau selalu wudhu, niscaya Allah akan memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.
2. Gunakan waktu muda mu sebaik-baiknya, karena masa muda adalah masa menanam sedangkan waktu tua saatnya memetik hasilnya.
3. Tanamkan niat dalam hati dalam menuntud  ilmu LILLAHITA’ALA niscaya ilmu yang kamu dapatkan menjadi berkah dikemudian hari.
4. Kamu harus siap pakai tapi tak perlu minta pakai, artinya kapan pun dan dimanapun kamu berada siap tampil atau memimpin, tapi tidak perlu mengemis minta ditampilkan atau mengemis jadi pemimpin.
5. Gunakan waktu sebaik-baiknya karena waktu itu tidak akan kembali selama-lamanya.
6. Kepada para guru maka tanamkan amal dalam diri, karena kita digaji oleh mereka dari uang spp.
7. Kepeda orang tua bekali anak-anaknya dengan pengetahuan agama sebab manfaatnya akan dirasakan saat sebelum meninggal dunia maupun  lebih-lebih sesudah meninggal dunia, sebaliknya sebelum orang tua meninggal dunia akan merasakan sakit hati gara-gara anaknya.
8. Kepada saudara-saudara ku hidup dalam  kepatahan, kemiskinan, serta kekurangan baca istigfar 1000 kali dalam sehari semalam selama dua tahun niscaya hidup mu akan dicukupkan bahkan dikayakan oleh Allah swt.
9. Kepada para ambiya atau orang kaya sedekah serta berinfak kepada fakir miskin sebab Allah swt. menggunakan peranan terbalik semakin kamu berinfak semakin bertambah bukannya berkurang.
10. Kepada juru dakwah ikhlaslah dalam berdakwah janganlah mengharap imbalan dari siapapun, sebab Rasulullah SAW telah mewariskan ilmu kepada kita bukan mewariskan materi.
11. Dakwah itu merangkut bukan memukul, tegas bukan keras, menenangkan bukan meresahkan,dan menyatukan umat bukan memecah belah umat.
12. Kepada kita semua bahwa kita umat Islam sebagai pelayan Rasulullah SAW jangan pernah bosan membimbing umatnya ini kepada jalan yang diridhoi-Nya.
13. Bacalah Al-Qur’an dan tanamkan dalam hati kita bahwa Al-Qur’an itu diturunkan kepada kita sebagi pedoman dan pembimbing bagi kehidupan.
14. Kejarlah akhirat niscaya dunia akan mengejar mu tapi jangan berharap mengejar dunia, akhirat akan mengejarmu.
15. Kalo kita ingin memenuhi undangan orang, makanlah terlebih dahulu dirumah agar kita tidak berharap makanan dari yang mengundang.
16. Hendaknya kita menjadi contoh teladan yang baik bagi orang lain dimanapun kita berada dan jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain.
17. Kalo kita ingin berbuat baik mulailah dari keluarga sendiri kemudian kerabat, tetangga barulah orang lain.

Tuan Guru KH. Ahmad Bakrie bercerminkan kitab dan bertongkatkan pensil dalam menggali berbagai ilmu agama, demikian beberapa pesan atau wasial Alim Ulama Tuan Guru KH. Ahmad Bakrie bukan untuk menyombongkan atau  membanggakan pribadi beliau tapi menyebut nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita sesuai dengan Firman Allah Q.S Adh Dhuhaa ayat 11 “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebutnya dengan bersyukur.” Dalam hidup beliau merupakan nikmat yang Allah berikan kepada kita yakni bisa bertemu, majelis ta’alim beliau dan sebagai pendidik di Pondok Al Mursyidul Amin, Gambut, Kalimantan Selatan. Semoga ini menjadi berkah dan manfaat yang besar kepada kita bagi yang membaca untuk diri sendiri maupun orang lain. Aamiin

Sumber: Ditulis langsung oleh @KhairulSandi (ije7.blogspot.com) dari pembacaan manakip yang disampaikan oleh putra beliau saat Haul ke-4 pada 18 Desember 2016. Minta halal minta ridho, bila ada salah kata, minta relaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox